Minggu, 19 April 2020
PROPOSAL GUGUS TAHUN 2020
BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Dalam pelaksanaan Peraturan Menteri Negara Pendayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasai Nomor : 16 Tahun 2009, yang mulai berlaku 1 Januari 2013. Program ini dengan berfokus pada nilai tambah reformasi guru yang digagas pemerintah, dengan memperkuat hubungan antara proses sertifikasi dan pemberian tunjangan profesi untuk percepatan proses pembelajaran siswa. Kondisi pendidikan di Daerah Binaan 1 Unit Pelaksana Teknis Dinas Pendidikan Kecamatan Akabiluru Kabupaten Lima Puluh Kota secara umum masih perlu pembenahan. Mulai dari kualitas kelulusan siswa dan bahkan nilai rata-rata kelulusan pada tingkat sekolah dasar masih jauh dari harapan, kualifikasi guru masih ada yang belum S1 sehingga kualitas pembelajaran juga masih perlu peningkatan, masih tingginya kesenjangan kualitas pendidikan di kota dan di desa, serta peran serta masyarakat akan pentingnya pendidikan juga masih sangat minim.
Oleh karena itu peningkatan mutu pendidikan dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan dilakukan secara simultan terhadap berbagai pihak yang berkompeten secara langsung, yaitu pengawas, kepala sekolah dan guru.Peningkatan mutu pada komponen-komponen tersebut pada ujungnya berimplikasi terhadap peningkatan kualitas lulusan siswa sebagai outputnya.Pada tataran implementasinya kegiatan-kegiatan peningkatan mutu tersebut haruslah memenuhi standar-standar mutu yang telah ditetapkan.
Didalam Buku 4 Pedoman Kegiatan Pengembangan Keprofeian Berkelanjutan, halaman 31 disebutkan bahwa Kegiatan KKG dan MGMP merupakan kegiatan wajib semua guru pada setiap jenjang jabatan sebagaimana telah diatur dalam Rambu-rambu Penyelenggaraan KKG/MGMP. Dalam 1 tahun, guru diwajibkan mengikuti kegiatan KKG/MGMP paling sedikit 12 kali pertemuan (dapat berarti dalam setiap bulan ada 1 kali pertemuan) dalam beberapa paket kegiatan. Setiap 1 paket kegiatan paling sedikit memerlukan 3 kali pertemuan.Kelompok Kerja Guru (KKG) Gugus 5 Kecamatan Akabiluru yang merupakan salah satu kelompok KKG yang berada di Kabupaten Lima Puluh Kota turut berbenah untuk mencapai tujuan program tersebut.
Untuk itu dibutuhkan perencanaan program kegiatan yang sistematis dan terstruktur sebagai pedoman kegiatan dalam 1 tahun. Proposal rencana kegiatan pengembangan diri melalui kegiatan kolektif guru ini dibuat sebagai panduan pelaksanaan kegiatan yang akan dilaksanakan pada tahun ajaran 2019/2020 di wilayah KKG Gugus Gugus Padaluyu Kecamatan Cikadu
B. TUJUAN
Tujuan Umum dari kegiatan Kelompok Kerja Guru adalah pengembangan diri guru melalui kegiatan kolektif dalam upaya peningkatan kinerja sehingga berdampak pada peningkatan mutu pendidikan melalui kegiatan pembelajaran di masing-masing satuan pendidikan.
Tujuan Khusus dari kegiatanKelompok Kerja Guru ini,adalah :
1. Memfasilitasi guru untuk mencapai standar komptensi profesi yang telah ditentukan.
2. Memfasilitasi guru untuk terus memutakhirkan kompetensi yang mereka miliki sekarang dengan apa yang menjaadi tuntutan ke depan berkaitan dengan profesinya.
3. Memotivasi guru-guru untuk memilikim komitmen melaksanakaan tugas pokok dan fungsinya sebagai tenaga professional.
4. Mengangkat citra, harkat dan martabat profesi guru, rasa hormat dan kebanggaankepada penyandang profesi guru.
5. Memperoleh angka kredit dalam kegiatan ini untuk supaya guru dapat naik pangkat dalam waktu minimal yang telah ditetapkan.
C. MANFAAT
Manfaat yang diharapkan dari kegiatan pengembangan diri ini antara lainadalah sebagai berikut:
1. Bagi Siswa
Siswa memperoleh jaminan kepastian mendapatkan pelayanan danpengalaman belajar yang efektif untuk meningkatkan potensi diri secara optimal melalui penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi sesuaidengan perkembangan masyarakat abad 21 serta memiliki jati dirisebagai pribadi yang luhur sesuai nilai keluruhan bangsa.
Bagi Guru
Pengembangan Diri memberikan jaminan kepada guru menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi serta kepribadian yang kuat sesuai dengan profesinya yang bermartabat,sehingga mampu menghadapi perubahaninternal dan eksternal dalam kehidupan abad 21 selama karirnya.
3. Bagi Sekolah/Madrasah
Pengembangan Diri memberikan jaminan terwujudnya sekolah sebagaiorganisasipembelajaran yang efektif dalam meningkatkan kompetensi, motivasi, dedikasi,loyalitas, dan komitmen pengabdian guru dalam memberikan layanan pendidikan yang berkualitas kepada siswa.
4. Bagi Orang Tua/Masyarakat
Pengembangan Diri memberikan jaminan bagi orang tua/masyarakatbahwa sesuai dengan kebutuhan dan kemampuannya masing‐masinganak mereka di sekolah memperoleh bimbingan dari guru-guru yangmampu bekerja secara profesional dan penuh tanggung jawab dalammewujudkan kegiatan pembelajaran efektif, efisien, dan berkualitassesuai dengan kebutuhan masyarakat lokal, nasional dan global.
5. Bagi Pemerintah
Dengan kegiatan Pengembangan Diri, pemerintah mampu memetakankualitas layanan pendidikan sebagai upaya pembinaan, pengembangan,dan peningkatan kinerja guru serta pembiayaannya dalam rangka meningkatkan kualitas antar sekolah sejenis dansetingkat.
D. HASIL YANG DIHARAPKAN
Adapun hasil yang diharapkan dari pelaksanaankegiatan kolektif guru KKG Gugus 5 adalah tercapainya implementasi dari PermenegPAN & RB Nomor 16 tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya, Permendiknas No. 22 tahun 2006 tentang Standar Isi, Permendiknas No. 23/2006 tentang SKL ( Standar Kompetensi Lulusan), Permendiknas No. 20/2007 tentang Standar Penilaian dan Permendiknas No. 16/2007 tentang standar kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.
Hasil konket yang diharapkan dalam kegiatan ini adalah:
1) Meningkatnya kompetensi guru dalam mempersiapkan, melaksanakan dan mengevaluasi program kegiatan belajar mengajar.
2) Meningkatnya kemampuan dalam menyusun Kurikulum.
3) Terjadinya pemerataan dan peningkatan mutu pendidikan secara proporsional melaluipeningkatan kompetensi profesional guru.
4) Meningkatnya wawasan guru mengenai pengembangan kurikulum dan memecahkan masalah pembelajaran dengan sharing pengalaman antar guru.
5) Meningkatkan wawasan metodologi mengajar.
6) Meningkatnya wawasan dan pengetahuan guru dalam pembelajaran khususnya kajian pembelajaran PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif dan Menyenangkan).
7) Penerapan Kriteria Ketuntasan Minimun (KKM) semua mata pelajaran.
8) Peningkatan hasil Uji Kompetensi Guru bagi guru yang sudah bersertifikasi.
9) Peningkatan hasil Penilaian Kinerja Guru (PKG).
10) Peningkatan pemahaman tentang jabatan guru dan angka kreditnya.
11) Meningkatkan budaya menulis bagi guru sehingga Peningkatan Kompetensi
Berkelanjutan (PKB) Unsur Publikasi Ilmiah dapat tercapai, dan
12) Meningkatnya produk-produk karya inovatif dari guru peserta kegiatan ini.
BAB II
RENCANA KEGIATAN
A. TEMPAT KEGIATAN
Tempat kegiatan kegiatan kolektif guru KKG bertempat di SD Inti yaitu SD Negeri 0806804Medan,Kecamatan Medan Area Kota Medan Propinsi Sumatera Utara
B. WAKTU KEGIATAN
Waktu kegiatan dilaksanakan setiap hari Sabtu minggu ke-2,3 dan 4 pukul 9.30 – 12.15. waktu kegiatan bisa berubah setiap saat melihat situasi dan kondisi. Target dari waktu kegiatan adalah satu bulan ada 1 paket kegiatan (3 kali pertemuan), 1 kali pertemuan 3 jam pelajaran dengan asumsi 1 jam pelajaran 45 menit.
C. SASARAN PESERTA KEGIATAN
Sasaran peserta kegiatan kolektif guru KKG Gugus 5 Kec Akabiluru adalah semua gurukelas yang masih aktif mengajar baik berstatus Pegawai Negeri Sipil, Tenaga Honorer dan Guru Wiyata Bhakti. Berikut ini adalah tabel sasaran peserta kegiatan kolektif guru KKG Gugus Gugus Padaluyu yang akan dilaksanakan pada Tahun Pelajaran 2019/2020
Tabel
Sasaran Peserta Kegiatan Kolektif Guru
KKG Gugus Gugus Padaluyu
NO NAMA SEKOLAH JUMLAH
ROMBEL JUMLAH GURU STATUS
PNS HONORER
1 SD Negeri Gugus Padaluyu 6 8 4 4
2 SD Negeri Cimalati 6 8 4 4
3 SD Swasta Padawaras 6 6 3 5
4 SD Swasta Gunungdalung 6 6 2 4
Jumlah
D. MATERI KEGIATAN
Berikut kami sajikan gambaran umum materi kegiatan yang akan dilaksanakan dalam kegiatan kolektif guru KKG Gugus Gugus Padaluyu dalam bentuk tabel.
Tabel
Materi Kegiatan Kolektif Guru
No Materi Jumlah
Pertemuan Jml
Paket Penyaji
Ket
1
2
3
4
5
6
7 Silabus dan RPP
Media Pembelajaran
Penilaian Pembelajaran
Pem belajaran PAKEM
PKG
PKB
PTK 3
3
3
3
3
3
3 1
1
1
1
1
1
1 ……………., S.Pd
Guru Pemandu
Guru Pemandu
……………, S.Pd
…………….., S.Pd
………………, S.Pd
……………, S.Pd
JUMLAH 21 7
Ket : 1 Paket kegiatan KKG mendapatkan penilaian angka kredit 0,15.
E. JADWAL KEGIATAN
Padatnya kegiatan Dinas pada Tahun Pelajaran 2019/2020 ditambah dengan hari efektif yang baru dimulai tanggal 27 Juli 2019 membuat pelaksanaan kegiatan yang seharusnya bisa dimulai pada bulan Agustus terjadi kemunduran di bulan Desember. Berikut kami sajikan jadwal pelaksanaan program kegiatan kolektif guru KKG Gugus Padaluyu tahun 2019/2020 dalam bentuk tabel.
Tabel
Jadwal Pelaksanaan Kegiatan Kolektif Guru
KKG Gugus 5
NO PERTEMUAN KE HARI/TANGGAL MATERI
1 PAKET 1
Pertemuan ke 1 Sabtu,19 Desember 2019 Silabus dan RPP
Pertemuan ke 2 Sabtu, 26 Desember 2019 Silabus dan RPP
Pertemuan ke 3 Sabtu, 9 Januari 2020 Silabus dan RPP
2 PAKET 2
Pertemuan ke 1 Sabtu, 16 Januari 2020 Media/Metode Pembelajaran
Pertemuan ke 2 Sabtu, 23 Januari 2020 Media/Metode Pembelajaran
Pertemuan ke 3 Sabtu, 30 Januari 2020 Media/Metode Pembelajaran
3 PAKET 3
Pertemuan ke 1 Sabtu, 6 Februari 2020 Penilaian Pembelajaran
Pertemuan ke 2 Sabtu, 13 Februari 2020 Penilaian Pembelajaran
Pertemuan ke 3 Sabtu, 20 Februari 2020 Penilaian Pembelajaran
4 PAKET 4
Pertemuan ke 1 Sabtu, 27 Februari 2020 Pembelajaran Pakem
Pertemuan ke 2 Sabtu, 5 Maret 2020 Pembelajaran Pakem
Pertemuan ke 3 Sabtu, 12 Maret 2020 Pembelajaran Pakem
5 PAKET 5
Pertemuan ke 1 Sabtu, 19 Maret 2020 Penilaian Kinerja Guru
Pertemuan ke 2 Sabtu, 26 Maret 2020 Penilaian Kinerja Guru
Pertemuan ke 3 Sabtu, 2 April 2020 Penilaian Kinerja Guru
6 PAKET 6
Pertemuan ke 1 Sabtu, 9 April 2020 PKB
Pertemuan ke 2 Sabtu, 16 April 2020 PKB
Pertemuan ke 3 Sabtu, 23 April 2020 PKB
7 PAKET 7
Pertemuan ke 1 Sabtu, 29 April 2020 PTK
Pertemuan ke 2 Sabtu, 7Mei 2020 PTK
Pertemuan ke 3 Sabtu, 14Mei 2020 PTK
BIAYA KEGIATAN
Biaya kegiatan kolektig guru KKG Gugus Padaluyu bersumber dari gotong royong masing-masing sekolah. Adapun estimasi biaya dalam pelaksanaan kegiatan ini kami sajikan dalam bentuk tabel sebagai berikut.
Tabel
Estimasi Biaya Kegiatan Kolektif Guru
KKG Gugus Gugus Padaluyu
1. Sekretariatan
No Uraian Satuan Jumlah Budget Total
1 Rapat Pengurus KKG Kali 5 100.000 500.000
2 Pembuatan Proposal Paket 1 200.000 200.000
3 Kertas A4 Rim 10 35.000 350.000
4 Catrige dan tinta Paket 1 300.000 300.000
5 Barner Backdrop M2 5 20.000 100.000
6 Penyusunan laporan dan penggandaan Paket 1 500.000 500.000
Jumlah 1.250.000
2. Pelaksanaan Kegiatan
No Item Satuan Jumlah Budget Total
1 Konsumsi Org x pertemuan 77 x 22 5.000 8470000
2 Narasumber kali 22 100.000 2.200.000
3 Pengandaan materi pertemuan 22 100.000 2.200.000
3 Dokumentasi paket 1 300.000 300.000
4 Cetak Sertifikat peserta 77 15.000 1.155.000
Jumlah 14.325.000
ESTIMASI
1. Kesekretariatan = Rp. 1.250.000,-
2. Pelaksanaan = Rp.14.325.000,-
3. Lain-lain = Rp. 425.000,-
Jumlah = Rp. 16.000.000,-
(Enam belas juta rupiah)
BAB III
DESKRIPSI RENCANA KEGIATAN
A. DESKRIPSI KEGIATAN
Berikut ini kami sampaikan deskripsi rencana kegiatan setiap pertemuan lengkap dengan hari, tanggal, materi, materi pokok, tujuan dan narasumber.
PAKET KEGIATAN 1
Pertemuan ke-1
Pelaksanaan : Sabtu,19 Desember 2019
Materi : Silabus dan RPP
Materi Pokok : Keterkaitan Silabus dan RPP dalam Pembelajaran
Narasumber : Sumarna, S.Pd
Tujuan : Peserta mengetahui keterkaitan Silabus dan RPP dalam pembelajaran
Pertemuan ke-2
Pelaksanaan : Sabtu, 26 Desember 2019
Materi : Silabus dan RPP
Materi Pokok : Sistematika Penulisan Silabus dan RPP
Narasumber : Sumarna, S.Pd
Tujuan : Pesertamemahami sistematika penulisan Silabus dan RPP
Pertemuan ke-3
Pelaksanaan : Sabtu, 9 Januari 2020
Materi : Silabus dan RPP
Materi Pokok : Evaluasi dan Telaah Silabus dan RPP
Narasumber : Sumarna, S.Pd
Tujuan : Peserta memahami dan mampu menyusun Silabus dan RPP sendiri
PAKET KEGIATAN 2
Pertemuan ke-1
Pelaksanaan : Sabtu, 16 Januari 2020
Materi : Metode dan Media Pembelajaran
Materi Pokok : Jenis-jenis metode Pembelajaran
Narasumber : Guru Pemandu
Tujuan : Peserta memahami jenis-jenis metode pembelajaran
Pertemuan ke-2
Pelaksanaan : Sabtu, 23 Januari 2020
Materi : Media Pembelajaran
Materi Pokok : Jenis-jenis Media Pembelajaran
Narasumber : Guru Pemandu
Tujuan : Peserta memahami jenis-jenis media pembelajaran
Pertemuan ke-3
Pelaksanaan : Sabtu, 30 Januari 2020
Materi : Metode dan Media Pembelajaran
Materi Pokok : Penggunaan Metode dan Media dalam Pembelajaran
Narasumber : Guru Pemandu
Tujuan : Peserta dapatmemilih metode dan media yang tepat dalam kegiatan pembelajaran
PAKET KEGIATAN 3
Pertemuan ke-1
Pelaksanaan : Sabtu, 6 Februari 2020
Materi : Penilaian Pembelajaran
Materi Pokok : Jenis dan kegunaan Penilaian Pembelajaran
Narasumber : Guru Pemandu
Tujuan : Peserta dapat mengetahui jenis dan kegunaan penilaian dalam kegiatan
pembelajaran
Pertemuan ke-2
Pelaksanaan : Sabtu, 13 Februari 2020
Materi : Penilaian Pembelajaran
Materi Pokok : Teknik Penilaian
Narasumber : Guru Pemandu
Tujuan : Peserta dapat mengimplementasikan teknik penilaian yang sesuai dengan kebutuhan dan akuntabel
Pertemuan ke-3
Pelaksanaan : Sabtu, 20 Februari 2020
Materi : Penilaian Pembelajaran
Materi Pokok : Menyusun Instrumen Penilaian
Narasumber : Guru Pemandu
Tujuan : Peserta dapat menyusun intrumen penilaian dan memasukan nilai dalam
intrumen
PAKET KEGIATAN 4
Pertemuan ke-1
Pelaksanaan : Sabtu, 27 Februari 2020
Materi : Pembelajaran PAKEM
Materi Pokok : Pengertian dan Model PAKEM
Narasumber : Dasep Rahmat, S.Pd
Tujuan : Peserta memahami pengertian dan Model Pembelajaran berbasis
PAKEM
Pertemuan ke-2
Pelaksanaan : Sabtu, 5 Maret 2020
Materi : Pembelajaran PAKEM
Materi Pokok : Mikro teaching Pembelajaran PAKEM
Narasumber : Dasep Rahmat, S.Pd
Tujuan : Peserta dapat memperagakan pembelajaran PAKEM dalam kegiatan
micro teaching
Pertemuan ke-3
Pelaksanaan : Sabtu, 12 Maret 2020
Materi : Pembelajaran PAKEM
Materi Pokok : Evaluasi dan Refleksi hasil micro teaching
Narasumber : Dasep Rahmat, S.Pd
Tujuan : Peserta mampu mengimplementasikan pembelajaran PAKEM di
kelasnya.
PAKET KEGIATAN 5
Pertemuan ke-1
Pelaksanaan : Sabtu, 19 Maret 2020
Materi : Penilaian Kinerja Guru (PKG)
Materi Pokok : Pengertian, Tujuan,Alur dan mekanisme kegiatan PKG
Narasumber : Maskar Ruhendi, S.Pd
Tujuan : Peserta dapat memahami pengertian, tujuan, alur dan mekanisme PKG
Pertemuan ke-2
Pelaksanaan : Sabtu, 26 Maret 2020
Materi : Penilaian Kinerja Guru (PKG)
Materi Pokok : Intrumen PKG
Narasumber : Maskar Ruhendi, S.Pd
Tujuan : Peserta dapat meningkatkan kompetensi guru yang sesuai dengan
intrumen PKG
Pertemuan ke-3
Pelaksanaan : Sabtu, 2 April 2020
Materi : Penilaian Kinerja Guru (PKG)
Materi Pokok : Administrasi dan Pelaporan PKG
Narasumber : Maskar Ruhendi, S.Pd
Tujuan : Peserta dapat menyusun administrasi PKG dan membuat laporan
kegiatan PKG untuk penilaian angka kredit
PAKET KEGIATAN 6
Pertemuan ke-1
Pelaksanaan : Sabtu, 9 April 2020
Materi : Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan
Materi Pokok : Pengembangan DiriPKB
Narasumber : Anik Darnining, S.Pd
Tujuan : Peserta dapat memahami dan melaksanakan pengembangan diri dalam
PKB
Pertemuan ke-2
Pelaksanaan : Sabtu, 16 April 2020
Materi : Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan
Materi Pokok : Publikasi Ilmiah PKB
Narasumber : Anik Darnining, S.Pd
Tujuan : Peserta dapat memahami dan melaksanakan Publikasi Ilmiah dalam PKB
Pertemuan ke-3
Pelaksanaan : Sabtu, 23 April 2020
Materi : Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan
Materi Pokok : Karya Inovatif PKB
Narasumber : Anik Darnining, S.Pd
Tujuan : Peserta dapat memahami dan melaksanakan Karya Inovatif dalam PKB
PAKET KEGIATAN 7
Pertemuan ke-1
Pelaksanaan : Sabtu, 30 April 2020
Materi : Penelitian Tindakan Kelas
Materi Pokok : Penyusunan Bab I sampai Bab III
Narasumber : Yatminah, S.Pd.M.Pd
Tujuan : Peserta dapat memahami dan menuliskan Bab I sampai BAB III
Pertemuan ke-2
Pelaksanaan : Sabtu, 7 Mei 2020
Materi : Penelitian Tindakan Kelas
Materi Pokok : Penyusunan Bab IV dan bab V
Narasumber : Yatminah, S.Pd.M.Pd
Tujuan : Peserta dapat memahami dan menuliskan Bab IV sampai bab V
Pertemuan ke-3
Pelaksanaan : Sabtu, 14 Mei 2020
Materi : Penelitian Tindakan Kelas
Mater Pokok : Penulisan PTK
Narasumber : Yatminah, S.Pd.M.Pd
Tujuan : Peserta dapat memahami dalam penyusunan PTK
B. SURAT TUGAS DAN FAKTA INTEGERITAS
Seluruh peserta kegiatan wajib membawa surat tugas dari kepala sekolah dan menanda tangani fakta integeritas bahwa akan mengikuti seluruh kegiatan pengembangan diri KKG Gugus Padaluyu tahun 2019/2020.
C. DOKUMENTASI KEGIATAN
Dokumentasi kegiatan merupakan tanggung jawab pengurus KKG Gugus Padaluyu sebagai penyelenggara. Dokumentasi meliputi:
1). Daftar hadir peserta dan narasumber,
2). Resume kegiatan,
3). Materi kegiatan, dan
4). Foto kegiatan.
D. EVALUASI
Kegiatan evaluasi digunakan sebagai bahan refleksi bagi pengurus KKG sebagai penyelenggara terkait dengan pelaksanaan kegiatan yang sudah berjalan. Dari kegiatan evaluasi ini maka penyelenggara mendapatkan gambaran tentang pelaksanaan kegiatan. Kegiatan evaluasi dilaksanakan dengan cara memberikan instrumen penilaian kegiatan kepada peserta untuk diisi secara objektif
1. Evaluasi Terhadap Pelaksanaan Kegiatan
No Aspek Penilaian Nilai
kurang cukup baik Baik
sekali
1 Pelayanan daftar hadir
2 Ketersediaan pedoman kegiatan
3 Ketersediaan materi kegiatan
4 Kejelasan informasi selama kegiatan
5 Kesiapan dan ketersediaan sarana kegiatan
(LCD, audio, papan pajang dll)
6 Kenyamanan ruang kegiatan (pencahayaan
dan ventilasi)
7 Kebersihan ruang kegiatan
8 Rasio jumlah peserta dengan ruang kelas
9 Kesesuaian alokasi waktu dalam kegiatan
10 Ketepatan waktu penyediaan konsumsi
12 Variasi menu konsumsi
2. Evaluasi Terhadap Narasumber/ Guru Pemandu
No Aspek Penilaian Nilai
kurang cukup baik Baik
sekali
1 Kemampuan menyampaikan tujuan
Pembelajaran
2 Kemampuan memberi motivasi kepada
peserta
3 Kemampuan memfasilitasi peserta untuk
mengungkapkan gagasan dan pengalaman
4 Penguasaan terhadap materi
5 Kemampuan menyampaikan materi
6 Relevansi materi dengan tujuan
pembelajaran
7 Ketepatan penggunaan metode dan teknik
mengajar
8 Pemanfaatan media pembelajaran
9 Kemampuan memberikan contoh dan
ilustrasi
10 Kemampuan mengendalikan jalannya
diskusi dan presentasi tugas kelompok
11 Kemampuan berinteraksi dengan peserta
12 Penggunaan bahasa dalam pembelajaran
13 Cara menjawab pertanyaan dan memberi
komentar terhadap peserta
14 Pemberian umpan balik
15 Kemampuan menyimpulkan isi materi
E. SERTIFIKAT
Peserta akan mendapatkan sertifikat Pengembangan diri dari Dinas Pendidikan Kabupaten Cianjur untuk mendapatkan Angka Kredit dengan syarat telah mengikuti kegiatan ini dengan jumlah kehadiran 90%.
F. LAPORAN KEGIATAN
Di akhir kegiatan pengurus KKG akan melaporkan hasil kegiatan. Laporan berisi deskripsi kegiatan dan laporan keuangan. Laporan akan di serahkan kepada Dinas Pendidikan Kabupaten Cianjur sebagai dasar untuk mendapatkan sertifikat kegiatan kolektig guru. Adapun lampiran yang akan disertakan dalam laporan kegiatan diantaranya adalah :
1. Foto copy laporan keuangan
2. Daftar hadir peserta
3. Daftar hadir narasumber/guru pemandu
4. Resume/jurnal kegiatan setiap pertemuan
5. Materi kegiatan setiap pertemuan
6. Foto copy surat tugas peserta
7. Foto copy fakta integeritas peserta
8. Foto copy hasil evalusai kegiatan
9. Foto-foto kegiatan
BAB IV
PENUTUP
A. Simpulan
Pelaksanaan pengembangan diri yang diikuti oleh pendidik, pada dasarnya akan berdampak pada kegiatan pembelajaran maupun peningkatan kompetensi pendidik itu sendiri. Tetapi sangat perlu untuk diprogramkan secara terencana sesuai dengan kebutuhan angka kredit jabatan fungsional guru.
B. Saran
1. Bagi Guru
Guru yang dapat merencanakan pengembangan diri yang akan menunjang kebutuhan angka kreditnya.
2. Bagi Sekolah
Sekolah wajib memfasilitasi dalam bentuk kebijakan program agar setiap guru dapat mengikuti pengembangan diri
3. Bagi Dinas Pendidikan
Dinas Pendidikan hendaknya memberikan sosialisasi atau memberikan kebijakan terkait dengan pengembangan diri bagi guru.
Sebagai usaha mandiri, untuk kebutuhan masyarakat dilingkungan dan sekitarnya
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar